Kentut sebagian besar terdiri dari udara yang tertelan, reaksi kimia selama pencernaan, dan kontribusi tambahan oleh bakteri dalam usus kita,” kata gastroenterologist di University of Michigan Klinik Gastroenterologi Medicine Michigan, Michael Rice, MD.
Ketika bakteri di usus Anda ingin berpesta dengan makanan yang ternyata tidak ada, perut Anda akan menghasilkan gas. Bersamaan dengan makanan yang sedang dicerna, gas termasuk karbon dioksida, nitrogen, hidrogen, dan metana terbentuk di dalam usus Anda dan bergerak keluar melalui peristaltik ke arah anus Anda. tips menurunkan berat badanTak perlu dikatakan, diet Anda memainkan peran besar, dalam jumlah gas yang Anda hasilkan. Makanan yang mengandung pemanis, buah, produk susu, dan kacang polong serta karbohidrat, dapat difermentasi oleh bakteri usus. “Proses ini menghasilkan gas yang menyebabkan gejala termasuk kembung dan distensi, “kata Dr. Rice.
“Kacang, kembang kol dan brokoli adalah salah satu penyebab utama, serta produk susu, terutama untuk orang yang tidak toleran laktosa,” ujarnya.
Jadi bisakah kentut menurunkan berat badan? Sayangnya, tidak. Manusia rata-rata membuang gas sekira 14 kali per hari tanpa kalori yang terukur. Ketika Anda kentut, mungkin tampak seperti otot Anda entah bagaimana bekerja, tetapi sebenarnya itu sebaliknya.